Sabtu, 11 April 2015

Tips Menghadapi Tes Kesehatan Seleksi CPNS Tahap II

Ok kali ini saya membagi tips yang dapat dimanfaatkan oleh teman-teman peserta seleksi CPNS. Sebenarnya sih saya nggak mau ngasih tips ini. Kenapa? Karena cara ini mungkin terlihat curang. Tapi nggak apa-apa deh itung-itung amal. Hehehe....

Tips ini berdasarkan pengalaman saya mengikuti seleksi CPNS beberapa waktu lalu. Seleksi CPNS ada 2 tahap yaitu Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang. Setelah lolos tes tahap pertama maka selanjutnya menempuh tes tahap dua. Tes tahap II ini disebut juga Tes Kompetensi Bidang meliputi Tes Kesehatan, Tes Keahlian, dan Tes Wawancara. Sebenarnya, sebelum Anda mendaftar seleksi CPNS harus memenuhi syarat-syarat tertentu termasuk tes kesehatan agar Anda dapat mendaftar. Namun, tes kesehatan dilaksanakan dua kali dan yang tes kesehatan kedua kali ini di selenggarakan oleh instansi. Artikel ini akan membahas Tips Menghadapi Tes Kesehatan Seleksi CPNS Tahap II.

Yang perlu Anda bawa pada tes ini yaitu Kartu Ujian (Wajib), Kartu Tanda Penduduk/KTP (Wajib), dan Air minum mineral/air putih. Air putih sangat berguna saat tes kesehatan. Saya sarankan Anda "berpuasa mutih" selama 10-12 jam sebelum tes kesehatan. Saat puasa anda hanya boleh minum air putih. Tidak ada makan dan minum minuman bergula atau sebagainya.

Rangkaian tes kesehatan tersebut antara lain:

1. Tes Fisik Dalam

        
            Dalam tes ini agak sedikit vulgar karena Anda di suruh oleh petugas untuk telanjang bulat.
     Tes ini meliputi :

  (a)
     Tes Tubuh
              Pada tes ini Anda akan di cek seluruh tubuh Anda apakah terdapat tato dan tindik/tidak.
        Sebelum di cek biasanya petugas akan bertanya kepada peserta apakah di tubuh Anda terdapat
        bekas operasi. Jawab saja dengan jujur. Apabila petugas tidak bertanya seperti itu jelangkan saja
        ke petugas Anda memiliki/tidak memiliki bekas operasi.

  (b)
     Tes Kelamin
              Untuk tes ini maaf saya tidak bisa menjelaskan secara detail karena tes ini di
        sesuaikan dengan jenis kelamin peserta. Hehehe....

  (c)
     Tes Dubur
              Tes ini posisi Anda di suruh membungkuk dan membuka pantat lebar-lebar dengan tangan
        kemudian akan di cek dubur Anda.

  (d)
     Tes Varises
              Pada tes ini Anda di suruh petugas untuk lari di tempat dengan kaki menjinjit sampai selesai
        kemudian Anda di suruh berdiri dengan kaki menjinjit, hal ini untuk mengecek varises pada
        kaki peserta.


 
2. Tes Fisik Luar

          Tes ini meliputi tes buta warna dan mata. Tes ini biasanya menggunakan sebuah buku khusus,
    dengan warna-warna, dimana dalam setiap gambarnya tersembunyi angka tertentu. 

            INGAT !!! Ini merupakan tes yang tak bisa diakali

  Coba tebak ini angka berapa?

                                 


3. Tes Tekanan Darah

     -
        Jika Tekanan Darah Kamu Tinggi/Rendah maka Anda harus mengikuti tips ini. Sekedar info,
           tekanan darah  normal disesuaikan dengan usia.
     -        Istirahat yang cukup di malam harinya, Tidak begadang.
     -     Minum lah susu steril “Bear Brand” (pokoknya minuman susu steril yang ada gambar
            beruangnya ).


                                    

4. Tes THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan)

           Pada tes ini telinga dalam Anda akan di lihat melalui sebuah alat dan biasanya tes ini di isi
    dengan pertanyaan dan percakapan dari petugas untuk mengecek kondisi telinga peserta apakah
    masih bisa mendengar/tidak. Untuk hidung dan tenggorokan akan di lihat langsung. Sebelum tes
    kesahatan ini sebaiknya bersihkan telinga dengan cotton bud. Untuk hidung bersihkan di kamar
    mandi, dan untuk mulut sikat gigi serta kumur memakai pembersih mulut agar bau mulut segar.


5. Tes Visus Mata

           Tes ini seperti tes mata pada umumnya. Tes ini disebut juga sebagai tes visus mata. Peserta
    akan dihadapkan pada tes kemampuan mata untuk melihat obyek dengan jarakyang cukup jauh
    berupa susunan huruf- huruf yang bervariasi ukurannya melalui LCD Proyektor maupun Kartu
    Snellen. Peserta disuruh membaca obyek tersebut sesuai perintah petugas. Ada toleransi untuk
    peserta yang memiliki kelainan pada matanya. Bagi peserta yang berkacamata/menggunakan lensa
    kontak tidak perlu khawatir untuk melewati tes ini.


                                  



           Beberapa orang memberikan saran untuk menghafal susunan huruf yang biasa 
    digunakan untuk tes mata. Namun saran ini sulit karena petugas akan mengacak hurufnya
    apabila ditampilkan dengan menggunakan LCD Proyektor!!!. Sebaiknya Anda jalani tes
    dengan kemampuan Anda sebenarnya.


6. Tes Postur Tubuh

          Tes ini adalah tes tinggi dan berat badan. Tinggi dan berat badan peserta akan di cek
    apakah ideal dan memenuhi persyaratan/tidak.


7. Tes Urin



           Pada Umumnya untuk tes urin Anda dianjurkan "puasa mutih" selama 10-12 jam sebelum tes kesehatan. Saat puasa Anda hanya boleh minum air putih. Tidak ada makan dan minum minuman bergula atau sebagainya. Puasa jangan lebih dari 14 jam, perhatikan dengan baik ketentuan yang diberikan.
           Penting untuk diperhatikan. Tes urin biasanya dilakukan di kamar kecil yang telah ditentukan
 yang dijaga oleh petugas di dalamnya. Petugas penjaga disesuaikan dengan jenis kelamin
peserta. Hal ini untuk mencegah peserta curang dengan membawa air jernih maupun urin
orang lain dari luar laboratorium. Jadi Anda harus mengantri dengan peserta lain walaupun
Anda sudah ingin buang air kecil. Apabila Anda tidak bisa buang air kecil, minumlah air
mineral/air putih sebanyak-banyaknya.

          Keseluruhan tes kesehatan tersebut dilakukan secara acak (menurut pengalaman saya) dan tergantung perintah dari petugas. Tes kesehatan dapat bervariasi/berbeda/dikurangi/ditambah.

Yang Dilakukan Sebelum Tes Kesehatan :
      
      1.      Perbanyak konsumsi sayur dan jus buah minimal 2 minggu sebelum jadwal test kesehatan
      2.      Hindari makanan kolesterol, gorengan, dan makanan berlemak  
      3.      Perbanyak minum air putih minimal 3 liter sehari
      4.      Berolahraga, tidak harus yang berat/ fitness, cukup dengan jogging tiap hari
      5.      Hindari rokok dan alkohol
      6.      Tidur minimal 8 jam sehari (maksimal pukul 22.00)
      7.      Tidak begadang minimal 1 minggu sebelum jadwal test kesehatan anda.
      8.      Ini banyak yang lupa, susu memang bagus dan sehat,tapi lihatlah terlebih dahulu kandungan Lemaknya. Jadi jauhilah susu full cream dan minumlah susu low fat
      9.      Usahakan tidak mengkonsumsi obat-obatan jenis apapun maximal 3 hari sebelum jadwal test kesehatan anda
     10. Hindari makanan pedas
     11. Usahakan diri anda sehat dan  upayakan ketika hari H jadwal test anda 
     12. Berdoa !!!


Semoga bermanfaat.... 

2 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu WINDA MARLINA, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda.

    BalasHapus
  2. Thanks gan infonya sangat membantu, bisa tanya kalau untuk gigi yang patah gmn?

    BalasHapus

Popular Posts